Profil penemu telepon

 


Alexander Graham Bell (lahir Alexander Bell; 3 Maret 1847 – 2 Agustus 1922) adalah seorang ilmuwan, penemu, dan insinyur kelahiran Skotlandia. Dia juga mendirikan American Telephone and Telegraph Company (AT&T) pada tahun 1885.[1] Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil.Dikenal atas Menemukan telepon

Sumber:https://id.m.wikipedia.org/wiki/Alexander_Graham_Bell

Menciptakan perangkat pertama

Bell sempat menerima pendidikan formal selama satu tahun di sekolah swasta dan dua tahun di Royal High School yang terkenal di Edinburgh.

Pada usia muda, Bell menunjukkan kemampuan yang tidak biasa dalam memecahkan masalah.

Pada usia 12 tahun, saat Bell bermain dengan seorang teman di pabrik biji-bijian, dia melihat proses pengupasan biji gandum yang lambat.

Setelah itu, dia pulang ke rumah untuk membuat perangkat dengan dayung berputar dan sikat kuku yang yang memudahkan proses menghilangkan sekam dari biji-bijian.

•Mempelajari suara

Pada tahun 1870, Bell beserta keluarganya pindah ke Brantford, Ontario, Kanada. Di sana dia mendirikan bengkel untuk melanjutkan studinya tentang suara manusia.

Setahun kemudian, Bell pindah ke Boston, Amerika Serikat, dan mulai mengerjakan perangkat yang dikenal dengan telegraf harmonik. Dia mendapatkan dukungan finansial dari investor lokal Thomas Sanders dan Gardiner Hubbard untuk mengerjakan proyek-proyeknya tersebut.

pada tahun 1871 Bell mengerjakan telegraf harmonik. Alat tersebut merupakan perangkat yang memungkinkan mengirimkan beberapa pesan melalui kabel di saat yang bersamaan. Bell menjadi sibuk mencari cara untuk mengirimkan suara manusia melalui kabel. Pada tahun 1875, Bell, dengan bantuan rekannya Thomas Watson, telah menemukan penerima sederhana yang dapat mengubah listrik menjadi suara.

Pada tanggal 7 Maret 1876, Bell diberikan hak patennya atas telepon. Beberapa hari kemudian, dia melakukan panggilan telepon pertama kepada Watson.

Penemuan Lain dari ALEXANDER GRAHAM BELL

1. Detektor logam: Bell awalnya datang dengan perangkat ini untuk menemukan peluru di dalam Presiden James A. Garfield yang terbunuh.

2. Photophone: Photophone memungkinkan transmisi ucapan pada berkas cahaya.

 3. Graphophone: Versi fonograf yang ditingkatkan ini dapat merekam dan memutar ulang suara.

 4. Audiometer: Perangkat ini digunakan untuk mendeteksi masalah pendengaran.

Sumber:https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/03/120000965/hari-ini-dalam-sejarah--penemu-telepon-alexander-graham-bell-lahir-3-maret?amp=1&page=2&_gl=1*10scrhu*_ga*YW1wLWEtYmdkOEk2MkdPRzdFaWMtY2tmaGpvaGhWWU5nYU10dHdoZl9RRnNaSjNza3RaeW42X1hFZnFyT2xsdmFJcHU.*_ga_77DJNQ0227*MTY5NTA5NTk5My40LjEuMTY5NTA5NTk5NS4wLjAuMA..

Perkembangan teknologi komunikasi ini merupakan suatu siklus yang akan terus-menerus berkembang seiring berjalannya waktu. Perkembangan teknologi komunikasi ini tentu membawa perubahan dalam aspek komunikasi sehari-hari. Grameds pasti tahu betul bukan, kita akan sangat kesulitan apabila hidup tanpa adanya komunikasi dan teknologinya. Kita tak mungkin dapat melakukan hal-hal dalam keseharian tanpa adanya komunikasi yang dijalin oleh umat manusia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Pembuat Web

IPTEK BAGI PELAJAR