Pengertian Globalisasi dan Dampaknya




Dunia kita sekarang jauh berbeda dengan zaman kakek nenek atau orang tua kita masih remaja. Dulu belum ada internet, telepon seluler, dan media sosial. Namun kini kemajuan zaman membuat informasi tersebar cepat dari ujung dunia ke tempat lain lewat teknologi canggih tersebut. Karenanya, globalisasi terjadi semakin cepat.

Globalisasi menjadi suatu istilah yang sudah tak asing lagi di telinga banyak orang, berasal dari kata ‘global’ yang berarti meliputi seluruh dunia atau keseluruhan. Fenomena ini nyaris terjadi di segala bidang kehidupan, karenanya selama proses globalisasi berjalan maka setiap bangsa atau masyarakat dunia akan saling bergantung dan kemudian menciptakan tatanan hidup baru. Dalam banyak hal, globalisasi memiliki sejumlah karakteristik hingga dampak yang secara langsung dirasakan masyarakat dan tempat mereka berdiam.

•PENGERTIAN GLOBALISASI

Globalisasi adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. 

Dengan terjadinya globalisasi, tidak ada lagi penghalang antarnegara yang ada di dunia. Yang terjadi di belahan dunia yang lain dapat dengan mudah kita ketahui dengan bantuan-bantuan teknologi yang ada. Proses globalisasi itu sendiri sudah terjadi sejak lama. Dari awal masa penjajahan menggunakan kapal, globalisasi sudah terjadi.

•DAMPAK GLOBALISASI

Positif 

Dampak positif globalisasi bagi kehidupan suatu bangsa dilihat dari penerapan setelah mengambil banyak hal bermanfaat baik dari segi budaya, ekonomi dan lain sebagainya yang dipelajari. Dampak positif ini memicu munculnya sikap kreatif dan inovatif di kalangan masyarakat luas. Dengan kata lain, sistem ini mampu menciptakan kondisi setiap orang bisa bersaing secara global.

Globalisasi juga dapat mengubah pola pikir masyarakat yang semula kuno menjadi modern, akses tak terbatas pada informasi di jaman saat ini membuat pola pikir masyarakat yang sebelumnya jaman dahulu berubah menjadi modern. Melalui budaya, masyarakat dapat mengenal berbagai macam kebudayaan negara lain.

Negatif 

Dampak negatif globalisasi dapat dilihat dari kemudahan sesuatu masuk ke sebuah negara, seperti barang-barang impor dengan harga murah justru mematikan barang produksi lokal. Selain itu budaya baru yang masuk ke suatu negara, secara perlahan dapat mengikis, menggeser hingga menghapuskan budaya asli dari negara tersebut.

Mudah terpengaruh budaya luar juga menjadi salah satu efek buruk dari munculnya globalisasi, di sisi lain banyak masyarakat generasi muda yang secara terang-terangan melupakan budaya lokal karena dianggap kuno. Anak muda di jaman sekarang lebih merasa bangga bisa menirukan budaya luar atau bahkan melestarikannya ketimbang budaya negara sendiri.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Pembuat Web

IPTEK BAGI PELAJAR

Profil penemu telepon