Sejarah Perkembangan teknologi komunikasi

 


•Sejarah Teknologi Komunikasi

1. Teknologi Komunikasi Berupa Lukisan Gua

Metode lukisan gua difungsikan sebagai sebuah tanda manusia purba dalam menandai daerah mereka.

2.Teknologi Komunikasi Melalui Simbol

ukiran batu tersebut difungsikan sebagai media perekam cerita oleh manusia purba

3.Teknologi Komunikasi Menggunakan Tanda Asap

Tanda asap kerap dikenal sebagai sinyal yang difungsikan untuk mengirim pesan atau informasi.

4.Teknologi Komunikasi Penggunaan Merpati

Orang-orang yang menggunakan merpati sebagai pengirim pesan mereka biasanya akan meletakkan suatu huruf yang berukuran kecil di leher merpati tersebut dengan harapan bahwa merpati itu akan sampai ke penerima

5. Teknologi Komunikasi Sistem Pos

Sistem pos ini membuat seseorang yang ingin mengirimkan pesan harus mengirimkannya ke orang lain dan akan dikirimkan ke penerima lewat layanan pos. Dalam sistem pos ini, memerlukan adanya penggunaan kotak surat.

6. Teknologi Komunikasi Menggunakan Koran

Surat kabar atau koran berisi tentang penyampaian sebuah berita yang disampaikan secara tertulis serta berbagai peristiwa-peristiwa yang sedang berlangsung saat itu.

7. Teknologi Komunikasi Menggunakan Radio

Radio sendiri merupakan sebuah teknologi komunikasi yang dapat menghasilkan suara dan memberikan berita serta hiburan untuk masyarakat.

8. Teknologi Komunikasi Menggunakan Telegraf

Telegraf diciptakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengirim pesan dalam bentuk teks untuk membantu menyebarkan informasi ke penjuru negeri

9. Teknologi Komunikasi Menggunakan Telepon

Alat komunikasi ini memberikan akses untuk penggunanya dalam mengirimkan suara dan akan diubah menjadi sebuah sinyal. Sinyal tersebut kemudian akan disalurkan menggunakan kabel dan disampaikan kepada penerima.

10. Teknologi Komunikasi Menggunakan Televisi

Televisi sendiri merupakan suatu sumber hiburan untuk masyarakat yang mencakup dunia secara luas. Televisi bentuk menjadi teknologi komunikasi yang bersifat tidak langsung untuk para penonton.

11. Teknologi Komunikasi Menggunakan Komputer

komputer terus dikembangkan hingga menjadi teknologi komunikasi yang paling sempurna dan dapat melakukan berbagai pekerjaan yang sangat membantu pekerjaan umat manusia di dunia. Dalam perkembangannya, komputer juga dibekali dengan berbagai spek handal dan akses jaringan untuk menambah kegunaannya.

12. Internet

Dunia internet telah membawa orang-orang semakin dekat. Terlebih setelah adanya website. Dimana tim Berners Lee menemukan WWW atau World Wide Web di tahun 1990. Kemudian satelit mendukung internet. Dengan internet, kita bisa mencari apapun dan dimana saja di seluruh dunia.

13. Surel atau Email

Surel atau email merupakan salah satu media komunikasi yang paling formal dan biasanya hanya digunakan di kantor atau kampus. John Vittal di tahun 1975 mengembangkan sebuah perangkat lunak atau software untuk mendukung surat. 

14. Pesan Teks

Teknologi komunikasi selanjutnya adalah adanya pesan teks. Dimana berbagai penyedia jaringan digunakan untuk mengirimkan teks.

15. Media sosial

,Sekarang ini, hampir semua orang membagikan seluruh cerita hidup mereka di media sosial. Platform media sosial bisa membantu orang-orang untuk berbagai foto, video, dan semua hal di internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Pembuat Web

IPTEK BAGI PELAJAR

Profil penemu telepon